HAPPY READING

Jumat, 13 Mei 2016

Peninggalan Praaksara, Hindu-Budha, Islam



Peninggalan Masa Pra Aksara

Masa Pra-Aksara adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan,tetapi walaupun  pada masa itu  manusia belum  mengenal tulisan mereka telah membuat banyak alat – alat bantu  untuk mempermudah kehidupan mereka. Alat – alat tersebutlah yang sekarang disebut benda– benda peninggalan pada masa pra – aksara. Benda – benda peninggalan tersebut adalah

 

Zaman Paleolithikum
Benda – Benda peninggalan pada zaman paleolithikun masih terbuat dari batu dan Tulang Binatang ,bentuknya masih sangat sederhana,seperti :
  • Kapak PerimbasKapak ini terbuat dari batu dan tidak memiliki tangkai. Cara menggunakannya adalah dengan menggenggamnya. Fungsi dari kapak perimbas adalah uuntuk menguliti binatang,memotong kayu,dan memecahkan tulang binatang buruan. Kapak perimbas banyak ditemukan di Indonesia dan termasuk dalam kebudayaan Pacitan. Kapak perimbas dibuat oleh manusia puba Pithecantropus.
  • Kapak GenggamKapak Genggam memiliki bentuk hampir sama dengan kapak penetak dan perimbas,namun bentuknya jauh lebih kecil. Fungsi dari kapak genggam adalah untuk membelah kayu,menggali umbi – umbian, memotong dagimg hewan buruan, dan keperluan lainnya. Kapak Genggam ditemukan pada tahun 1935 di Punung ,Kabupaten Pacitan, Jawa Timur oleh Ralph von Koenigswald
  • FlakesFlakes terbuat dari pecahan – pecahan batu kecil,berfungsi untuk alat penusuk, pemotong daging, dan sebagai pisau. Flakes banyak ditemukan di Daerah Sangiran,Sragen, Jawa Tengah. Termasuk kebudayaan Ngandong.
  • Perkakas dari Tulang dan TandukPerkakas tulang dan tanduk berfungsi sebagai alat penusuk,pengorek dan mata tombak. Perkakas dari Tulang dan Tanduk banyak di temukan di Daerah Ngandong, dekat Ngawi ,Jawa Timur. Alat ini di buat dan digunakan oleh manusia purba jenis Homo Soloensis dan Homo Wajakensis.


Zaman Mesolithikum
Alat – alat pada zaman ini sudah dihaluskan. Benda – benda peninggalan  pada Zaman Mesolithikum adalah sebagai berikut :
  • PebblePebble adalah kapak bulat, terbuat dari batu kali yang dibelah dua. Kapak jenis ini banyak ditemukan di Sepanjang Pantai Timur Pulau Sumatra, antara Langsa(Aceh) dan Medan.
  • Hache Courte (Kapak Pendek)Kapak pendek ini adalah termasuk dalam jenis kapak genggam dan berbentuk setengah lingkaran. Sama seperti Pebble,Kapak Pendek juag banyak ditemukan Sepanjang Pantai Timur Pulau Sumatra.
  • KjokkenmoddingerKjokkenmoddinger adalah sampah dapur yang terdiri dari kulit - kulit kerang dan siput  pada masa Mesolithikum yang tertumpuk selama beribu – ribu tahun sehingga membentuk sebuah bukit kecil yang beberapa meter tingginya. Kjokkenmoddinger banyak ditemukan di Sepanjang Pantai Timur Pulau Sumatra.
  • Abris Sous RocheAbris sous roche adalah gua – gua batu karang atau ceruk yang digunakan sebagai tempat tinggal manusia Purba. Berfungsi sebagai tempat tinggal.
  • Lukisan di Dinding GuaLukisan di Dinding Gua terdapat di dalam abris sous roche. Lukisan ini menggambarkan hewan buruan dan cap tangan berwarna merah . Lukisan di dinding gua ditemukan di Leang  Leang, Sulawesi Selatan,di Gua Raha,Pulau Muna,Sulawesi Tenggara, dan di Danau Sentani,Papua.
Zaman Neolithikum
Pada zaman ini manusia mengalami banyak kemajuan dalam mengahsilkan alat –alat. Walaupun bahan masih terbuat dari batu,sudah ada sentuhan manusia dalam pembuatan suatu alat. Benda – benda tersebut adalah sebagai berikut :
  • Kapak PersegiKapak persegi terbuat dari batu persegi. Kapak ini dipergunakan untuk mengerjakan kayu,menggarap tanah, dan melaksanakan upacara. Di Indonesia kapak persegi banyak ditemukan di Jawa,Kalimantan Selatan,Sulawesi ,dan Nusa Tenggara.
  • Kapak LonjongKapak ini ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil. Digunakan sebagi cangkul untuk menggarap tanah dan memotong kayu atau pohon. Jenis kapak ini banyak ditemukan di Maluku, Papua, dan Sulawesi Utara.
  • Mata PanahMata Panah terbuat dari batu yang diasah dengan halus. Gunanya umtuk berburu. Penemuan mata panah terbanyak di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.
  • GerabahGerabah dibuat dari tanah liat. Fungsinya Untuk berbagai keperluan.
  • PerhiasanMasyarakat pada zaman Neolithikum sudah mengenal perhiasan diantaranya berupa gelang,kalung, dan anting – anting. Perhiasan banyak ditemukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  • Alat Pemukul Kulit KayuAlat ini berfungsi untuk memukul kulit kayu yang akan digunakan untuk bahan pakaian. Dari peninggalan ini kita dapa mengetahui bahwa manusia pra-aksara sudah mengenal pakaian.

Zaman Megalithikum
Megalithikum atau zaman batu besar adalah zaman dimana manusia pra-aksara menggunakan batu – batu berukuran besar untuk membuat bangunan – bangunan besar yang berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada roh – roh nenek moyang. Bangunan – Bangunan tersebut adalah sebagai berikut :
  • MenhirMenhir adalah tugu batu dari batu tunggal yang didirikan untuk upacara penghormatan roh nenek moyang. Menhir ditemukan di Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan.
  • SarkofagusSarkofagus adalah peti mayat yang terbuat dari dua batu yang ditangkupkan.Sarkofagus banyak ditemukan di Bali.
  • DolmenDolmen adalah meja batu tempat menaruh sesaji,tempat penghormatan kepada roh nenek moyang dan tempat meletakan jenazah.Ditemukan di daerah Bondowoso,Jawa Timur.
  • Peti Kubur BatuPeti Kubur batu adalah lempengan batu besar yang disusun membentuk peti jenazah. Ditemukan di daerah Kuningan, Jawa Barat.
  • WarugaWaruga adalah peti kubur batu baerukuran kecil berbentuk kubus atau bulat. Waruga banyak ditemukan di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.
  • ArcaArca adalah Patung terbuat dari batu utuh, ada yang menyerupai manusia, kepala manusia,dan hewan. Arca banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Lampung ,Jawa Tengah, dan Jawa Tengah.
  • Punden BerundakPunden Berundak – undak adalah tempat pemujaan. Bangunan ini dibuat dengan menyusun batu secara bertingkat, menyerupai candi. Punden berundak ditemukan di Lebak Sibeduk, Banten Selatan.

Zaman Logam
Kebudayaan perunggu di Indonesia diperkirakan berasal dari daerah bernama Dongson di Tonkin, Vietnam. Kebudayaan Dongson datang ke Indonesia kira-kira abad ke 300 SM di bawa oleh manusia sub ras Deutro Melayu (Melayu Muda) yang mengembara ke wilayah Indonesia. Hasil-hasil kebudayaan zaman logam, antara lain.
  • NekaraNekara adalah tambur besar yang berbentuk seperti dandang yang terbalik. Benda ini banyak ditemukan di Bali, Nusatenggara, Maluku, Selayar, dan Irian.
  • MokoNekara yang berukuran lebih kecil, ditemukan di Pulau Alor, Nusatenggara Timur. Nekara dan Moko dianggap sebagai benda keramat dan suci.
  • Kapak PerungguKapak perunggu terdiri beberapa macam, ada yang berbentuk pahat, jantung, dan tembilang. Kapak perunggu juga disebut sebagai kapak sepatu atau kapak corong. Daerah penemuannya Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Sulawesi Tengah, dan Irian. Kapak perunggu dipergunakan untuk keperluan sehar-hari.
  • CandrasaSejenis kapak namun bentuknya indah dan satu sisinya panjang, ditemukan di Yogyakarta. Candrasa dipergunakan untuk kepentingan upacara keagamaan dan sebagai tanda kebesaran.
  • Perhiasan PerungguBenda-benda perhiasan perunggu seperti gelang tangan, gelang kaki, cincin, kalung, bandul kalung pada masa perundagian, banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sumatera.
  • Manik-manik Manik-manik adalah benda perhiasan terdiri berbagai ukuran dan bentuk. Manik-manik dipergunakan sebagai perhiasan dan bekal hidup setelah seseorang meninggal dunia. Bentuknya ada silider, segi enam, bulat, dan oval. Daerah penemuannya di Sangiran, Pasemah, Gilimanuk, Bogor, Besuki, dan Buni.
  • Bejana PerungguBejana perunggu adalah benda yang terbuat dari perunggu berfungsi sebagai wadah atau tempat menyimpan makanan. Bentuknya bulat panjang dan menyerupai gitar tanpa tangkai. Benda ini ditemukan di Sumatera dan Madura.
  • Arca PerungguBenda bentuk patung yang terbuat dari perunggu menggambar orang yang sedang menari, berdiri, naik kuda, dan memegang panah. Tempat-tempat penemuan di Bangkinang (Riau), Lumajang, Bogor, dan Palembang.

  • Peninggalan masa hindu-budha

    Bangsa Indonesia mempunyai banyak peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan tersebut dikelompokkan menjadi tiga, yaitu sumber lisan, tertulis, dan benda bangunan. Berikut Peninggalan Sejarah Hindu dan Budha :


    Pada zaman kerajaan Hindu-Buddha berkembang di Indonesia, kebudayaan dan kesusastraan juga mengalami kemajuan, terutama pada saat Kerajaan Majapahit. Karya-karya sastra peninggalan sejarah tersebut berupa cerita tertulis yang dikarang oleh para pujangga. Beberapa karya sastra di antaranya berupa kitab-kitab berikut ini.

    a. Kitab Cilpa Sastra, merupakan peninggalan Kerajaan Syailendra yang berisi dasar-dasar pokok membuat candi.

    b. Kitab Arjuna Wiwaha, ditulis oleh Mpu Kanwa pada tahun 1030. Kitab ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri yang berisi tentang perjuangan Airlangga dalam mempertahankan Kerajaan Kediri.

    c. Kitab Smaradahana dikarang oleh Mpu Darmaja, pada masa pemerintahan Raja Kameswara I, Kediri.

    d. Kitab Bharatayuda dikarang oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh, pada masa pemerintahan Raja Jayabaya, Kediri.

    e. Kitab Krisnayana ditulis oleh Mpu Triyana.

    f. Kitab Hariwangsa ditulis oleh Mpu Panuluh.
    g. Kitab Negara Kertagama, ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365. Kitab ini merupakan sumber sejarah Kerajaan Singasari dan Majapahit. Di dalam kitab ini muncul istilah Pancasila. 

    h. Kitab Sutasoma, ditulis oleh Mpu Tantular. Kitab ini berisi tentang hukum dan dijadikan dasar hukum di Kerajaan Majapahit. Dalam kitab ini menekankan prinsip keadilan dan tidak membedakan rakyat biasa dengan bangsawan. Jadi siapapun yang melanggar aturan atau undang-undang harus mendapat hukuman yang sesuai.


    Peninggalan Sejarah Hindu dan Buddha


    Prasasti disebut juga batu bertulis. Prasasti merupakan peninggalan sejarah yang tertulis di atas batu, logam, dan sebagainya. Prasasti biasanya berisi mengenai kehidupan atau peristiwa penting di daerah setempat. Contoh prasasti sebagai berikut.

    a. Prasasti Kerajaan Tarumanegara antara lain Ciaruteun, Kebun Kopi, Tugu, Lebak, Jambu, Muara Cianten, dan Pasir Awi yang semuanya ditulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta.

    b. Prasasti di Sumatra Selatan antara lain Kedukan Bukit, Talang Tuo, Kota Kapur, Karang Berahi, dan Telaga Batu. Prasasti ini menggunakan bahasa Melayu dan huruf Pallawa, yang dipahat dan ditulis sekitar abad ke-7 pada masa Kerajaan Sriwijaya. Prasasti yang ditemukan tersebut antara lain berisi tentang peraturan kerajaan dan sanksi apabila melakukan pelanggaran, serta puji-pujian untuk kebesaran dan kemakmuran raja. Selain kelima prasasti tadi, juga ditemukan Prasasti Nalanda yang berisi tentang keturunan Dinasti Syailendra, silsilah Raja Balaputradewa, dan persahabatan dengan Kerajaan India. 

    c. Prasasti Muara Kaman, di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Prasasti ini ditulis sekitar tahun 400 Masehi, berisi tentang sejarah Kerajaan Kutai.

    d. Prasasti Canggal tahun 732 M, di dekat Magelang. Berisi tentang Kerajaan Mataram Hindu dengan Raja Sanjaya.

    e. Prasasti di Kediri sekitar Sungai Brantas, Jawa Timur, antara lain Prasasti Padlegan, Palah, dan Panumbungan. Prasasti ini merupakan peninggalan Kerajaan Kediri.

    f. Prasasti Dinoyo tahun 760 M, dekat Malang. Prasasti ini berisi tentang sebuah kerajaan yang berpusat di Kanyuruhan.

    g. Prasasti Kalasan tahun 778 M, dekat Jogjakarta, memuat tentang Kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin Raja Rakai Panangkaran.

    h. Prasasti Kedu tahun 907 M, berisi tentang Kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin Raja Balitung.

    i. Prasati Adityawarman, ditemukan di daerah Batusangkar. Prasasti ini memakai bahasa Melayu Kuno bercampur dengan bahasa Sanskerta.

    j. Prasasti Mulawarman, ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Prasasti ini merupakan peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

    3. Yupa

    Yupa adalah prasasti yang dituliskan pada tiang batu. Awalnya, yupa digunakan untuk mengikat kurban, baik hewan maupun manusia yang akan dipersembahkan kepada dewa.

    Yupa ditemukan di Kalimantan Timur, pada abad ke-5 yang berisi tentang kisah seorang raja bernama Mulawarman yang baik budiman dan mempunyai kakek bernama Kudungga. Saat pemerintahan Mulawarman, rakyat hidup makmur dan sejahtera. Mulawarman juga memiliki hubungan yang baik dengan kaum Brahmana.


    Patung adalah tiruan bentuk orang atau hewan yang dibuat dengan bahan batu, kayu, dan lainlain. Adapun arca adalah patung yang dibuat dari batu.

    a. Patung Gajah Mada
    Patung ini dibuat untuk mengenang jasa-jasa Patih Gajahmada dalam mempersatukan Nusantara di bawah Majapahit. Pada saat diangkat menjadi Mangkubumi atau Perdana Menteri Majapahit, Gajah Mada mengucapkan sumpah yang bernama “Sumpah Palapa”.

    b. Patung Prajna Paramita
    Patung Prajna Paramita merupakan patung perwujudan Ken Dedes istri Ken Arok, yang digambarkan sebagai Dewi Kebijaksanaan. Patung yang terletak di Candi Singasari, merupakan peninggalan Kerajaan Singasari dengan pahatan yang sangat bagus.

    c. Patung Buddha
    Ditemukan di Bukit Siguntang, Palembang pada abad ke-2. Patung Buddha merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya sebagai bukti bahwa agama Buddha berkembang dengan baik. Selain itu terdapat juga patung Buddha di Candi Mendut.

    5. Candi

    Candi berasal dari kata candika (Dewa Maut). Fungsi pembangunan candi untuk memuliakan raja yang telah meninggal dunia. Saat raja meninggal, semua azimatnya disimpan di dalam peti, kemudian peti tersebut diletakkan di dasar tempat candi tersebut dibangun. Sebagai pelengkap dibuatlah arca yang merupakan perwujudan raja sebagai dewa dan di depannya diletakkan sesaji.

    Candi bagi umat Hindu digunakan sebagai makam, sedangkan candi dalam ajaran Buddha berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap dewa. Setiap bangunan candi mempunyai tiga bagian utama sebagai berikut.

    a. Kaki candi, berbentuk bujur sangkar melambangkan “alam bawah” yaitu dunia tempat hidup manusia.
    b. Badan candi, melambangkan “alam antara” tempat manusia yang sudah meninggalkan semua urusan duniawinya.
    c. Atap candi, melambangkan “alam atas”, berbentuk lingkaran dengan tiga teras berundak-undak.

    Peninggalan candi Hindu-Buddha di Indonesia antara lain sebagai berikut.

    a. Candi Borobudur

    Dibangun pada abad ke-9 M atau 824 M (746 Saka), oleh Raja Smaratungga dari Dinasti Syailendra. Borobudur terletak di Muntilan yang dikelilingi Bukit Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Borobudur berasal dari kata boro yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti candi, biara, atau asrama dan budur yang berarti atas. Jadi, borobudur berarti candi, istana, atau biara di atas bukit.

    Candi Borobudur memiliki sepuluh tingkat dengan stupa induk setinggi 7 m dengan garis tengah 9,9 m. Bangunan Candi Borobudur terbengkalai seiring dengan runtuhnya Kerajaan Mataram Hindu dan gempa bumi. Letusan gunung berapi juga turut meruntuhkan sebagian bangunan candi. Pada tahun 1814, H.C. Cornelius bersama penduduk membersihkan lokasi candi. Dan baru pada tahun 1835 bentuk candi terlihat seluruhnya.

    Pemugaran Candi Borobudur pertama kali dilakukan tahun 1907-1911 berkat bantuan Th. Van Erp, dan berhasil menyelamatkan Candi Borobudur. Pemugaran kedua dilakukan pemerintah Indonesia dengan bantuan UNESCO. Pemugaran Candi Borobudur selesai pada tahun 1982. Candi Borobudur mempunyai 505 arca Buddha dan pada bagian dinding candi terdapat pahatan atau disebut relief. Relief-relief itu menggambarkan berbagai cerita, antara lain sebagai berikut.

    1) Karmawibhangga berisi berlakunya hukum karma (sebab akibat), di mana setiap perbuatan baik dan buruk akan membawa akibat bagi pelakunya.
    2) Lalita vistara yang menceritakan tentang kehidupan sang Buddha dari lahir sampai mendapat bodhi (wahyu) tentang hidup sejati.
    3) Awadana dan Jataka yang menggambarkan kehidupan sang Buddha di masa lalu (Awadana) dan kepahlawanan orang-orang suci (Jataka).

    b. Candi Prambanan

    Candi Prambanan disebut juga Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Raja Balitung pada abad ke-9 sebagai simbol Kerajaan Mataram Hindu. Pembangunan Candi Prambanan selesai pada masa pemerintahan Raja Daksa. Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan DI Jogjakarta. Candi Prambanan menjadi tempat wisata budaya yang menarik karena di sekitar candi dibangun Taman Wisata dan panggung pentas Sendratari Ramayana. 

    Candi Prambanan mempunyai tiga pelataran persegi, yaitu bawah, tengah, dan atas. Pada masing-masing pelataran berderet candi-candi kecil. Dalam kompleks Candi Prambanan juga terdapat tujuh buah candi besar, yaitu sebagai berikut.

    1) Candi Brahma

    Terletak di sebelah selatan Candi Syiwa dan berukuran lebih kecil. Di dalam Candi Brahma terdapat patung Brahma yang mempunyai empat kepala. Dewa Brahma merupakan dewa pencipta alam semesta. Pada dinding Candi Brahma terdapat relief yang berisi kelanjutan cerita Ramayana di candi induk.

    2) Candi Syiwa

    Disebut juga Candi Roro Jonggrang dan menjadi candi utama. Candi ini dinamakan Candi Syiwa karena di dalamnya menyimpan patung Syiwa. Masyarakat Jawa memberikan penghormatan yang tinggi kepada Dewa Syiwa karena selain sebagai dewa perusak, Dewa Syiwa juga dapat menciptakan benda kembali. Pada dinding Candi Syiwa terdapat relief yang menggambarkan tentang cerita Ramayana.

    3) Candi Wisnu

    Candi Wisnu mempunyai bentuk dan ukuran hampir sama dengan Candi Brahma. Candi Wisnu terletak di sebelah utara Candi Syiwa. Di dalam Candi Wisnu terdapat ruangan berisi patung Wisnu, yang digambarkan sebagai dewa dengan empat tangan yang memegang alat-alat seperti cakra, tiram, dan pemukul. Dewa Wisnu merupakan dewa pemelihara alam semesta. Pada Candi Wisnu juga terdapat relief yang menggambarkan cerita Kresnayana.

    4) Candi Apit

    Diberi nama Candi Apit karena letaknya terapit oleh dua candi yang berderet dan berhadapan. Candi Apit digunakan sebagai tempat semadi bagi pemeluk agama Hindu.

    5) Candi Nandi

    Candi Nandi terletak di deretan sebelah timur. Di dalamnya terdapat patung berbentuk seekor sapi jantan besar yang sedang berbaring. Sapi atau nandi tersebut merupakan kendaraan Dewa Syiwa. Di dalam Candi Nandi juga terdapat patung Dewa Surya (matahari) dan Dewa Candra (bulan).

    6) Candi Angsa

    Candi Angsa berhadapan dengan Candi Brahma. Candi ini berfungsi sebagai kandang binatang yang menjadi kendaraan Dewa Brahma, binatang tersebut adalah angsa.

    7) Candi Garuda

    Garuda merupakan kendaraan Dewa Wisnu. Candi Garuda terletak di sebelah utara Candi Nandi. Di bagian bawah lantai Candi Garuda terdapat sumur yang berisi tulang manusia bercampur tanah.

    c. Candi Portibi

    Terdapat di daerah Padan Balok, Gunung Tua, di Provinsi Sumatra Utara. Candi Portibi merupakan peninggalan Kerajaan Panai tahun 1039. Candi ini dibangun oleh para brahmana Indonesia yang berlayar bersama para pedagang-pedagang untuk menyebarkan agama Hindu di Sumatra Utara.

    d. Candi Muara Takus

    Dibangun pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa, sekitar abad ke 9-10 M. Candi Muara Takus dibangun sebagai tempat pemujaan penganut agama Buddha. Pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa diceritakan bahwa Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya.

     
  • Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia
         Kebanyakan penduduk negara kita beragama Islam. Para ahli berpendapat bahwa agama Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M. Agama dan kebudayaan Islam masuk Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat (India), dan Cina. Agama Islam berkembang dengan pesat di tanah air. Hal ini dapat dilihat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam dan peninggalan-peninggalan sejarah Islam di Indonesia. Agama dan kebudayaan Islam mewariskan banyak sekali peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam antara lain masjid, kaligrafi, karya sastra, dan tradisi keagamaan. Berikut ini akan dibahas satu per satu peninggalan sejarah Islam di Indonesia.
    Masjid







    Masjid merupakan seni arsitektur Islam yang paling menonjol. Masjid adalah tempat peribadatan umat Islam. Berbeda dengan masjid-masjid yang ada sekarang, atap masjid peninggalan sejarah biasanya beratap tumpang bersusun. Semakin ke atas atapnya makin kecil. Jumlah atap tumpang itu biasanya ganjil, yaitu tiga atau lima. Atap yang paling atas berbentuk limas. Di dalam masjid terdapat empat tiang utama yang menyangga atap tumpang.
    Pada bagian barat masjid terdapat mihrab. Di sebelah kanan mihrab ada mimbar. Di halaman masjid biasanya terdapat menara. Keberadaan menara tidak hanya untuk menambah keindahan bangunan masjid. Fungsi menara adalah sebagai tempat muazin mengumandangkan azan ketika tiba waktu salat. Sebelum azan dikumandangkan, dilakukan pemukulan tabuh atau beduk.
    Contoh masjid peninggalan sejarah Islam adalah Masjid Agung Demak dan Masjid Kudus. Masjid Agung Demak dibangun atas perintah Wali Songo. Pembangunan masjid dipimpin langsung oleh Sunan Kalijaga. Masjid Demak tidak memiliki menara. Sementara masjid Kudus didirikan oleh Sunan Kudus.
    Masjid Agung Demak. Pembangunan masjid dipimpin langsung oleh Sunan Kalijaga. Salah satu keunikan Masjid Agung Demak adalah salah satu tiangnya terbuat dari susunan tatal. Konon, tiang ini dibuat oleh Sunan Kalijaga. Tiang dari tatal ini kemudian diganti ketika Masjid Agung Demak dipugar pada tahun 1980. Potongan tiang tatal ini masih tersimpan di bangsal belakang masjid. Berikut ini daftar masjid-masjid peninggalan sejarah kerajaan Islam.
    Masjid-masjid peninggalan sejarah kerajaan Islam di Indonesia
    No.
    Nama Masjid
    Lokasi Penemuan
    Pembuatan
    Peninggalan
    1
    Masjid Agung Demak
    Demak, Jateng
    Abad 14 M
    K. Demak
    2
    Masjid Ternate
    Ternate, Ambon
    Abad 14 M
    K. Ternate
    3
    Masjid Sunan Ampel
    Surabaya, Jatim
    Abad 15 M
    4
    Masjid Kudus
    Kudus, Jateng
    Abad 15 M
    5
    Masjid Banten
    Banten
    Abad 15 M
    K. Banten
    6
    Masjid Cirebon
    Cirebon, Jabar
    Abad 15 M
    K. Cirebon
    7
    Masjid Raya
    Baiturrahman Banda
    Aceh Abad 15 M
    K. Aceh
    8
    Masjid Katangga
    Katangga, Sulsel
    Abad 16 M
    K. Gowa
    Kaligrafi
     
    Kaligrafi adalah tulisan indah dalam huruf Arab. Tulisan tersebut biasanya diambil dari ayat-ayat suci Al Quran. Kaligrafi digunakan sebagai hiasan dinding masjid, batu nisan, gapura masjid dan gapura pemakaman. Batu nisan pertama yang ditemukan di Indonesia adalah batu nisan pada makam Fatimah binti Maimun di Leran, Surabaya. Sedangkan kaligrafi pada gapura terdapat di gapura makam Sunan Bonang di Tuban, gapura makam raja-raja Mataram, Demak, dan Gowa.
    Tulisan-tulisan kaligrafi peninggalan sejarah Islam di Indonesia
    No.
    Kaligrafi
    Lokasi Penemuan
    Pembuatan
    Peninggalan
    1
    Makam Fatima binti Maimun
    Gresik, Jatim
    Abad 13 M
    2
    Makam Ratu Nahrasiyah
    Samudra Pasai
    Abad 14 M
    S. Pasai
    3
    Makam Maulana Malik Ibrahim
    Gresik, Jatim
    Abad 15 M
    4
    Makam S. Giri
    Gresik, Jatim
    Abad 15 M
    5
    Makam S. Gunung Jati
    Cirebon, Jabar
    Abad 15 M
    Cirebon
    6
    Makam S. Kudus dan S. Muria
    Kudus, Jateng
    Abad 15 M
    7
    Makan Sunan Kalijaga
    Demak, Jateng
    Abad 15 M
    Demak
    8
    Makan raja-raja Banten
    Banten
    Abad 15 M
    Banten
    9
    Makam raja-raja Mataram
    Imogiri
    Abad 16 M
    Mataram
    10
    Makam raja-raja Mangkunegaran
    Astana Giri
    Abad 16 M
    Mataram
    11
    Makam raja-raja Gowa
    Katangga
    Abad 16 M
    Gowa
    Istana

    Istana adalah tempat tinggal raja atau sultan beserta keluarganya. Istana berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Adanya istana sebenarnya karena pengaruh Hindu dan Buddha. Setelah Islam masuk, tradisi pembangunan istana masih berlangsung. Akibatnya, pada bangunan istana yang bercorak Islam, pengaruh Hindu dan Buddha masih tampak. Saat ini peninggalan Islam yang berupa Istana tinggal beberapa saja.
    Istana-istana peninggalan sejarah kerajaan Islam di Indonesia
    No.
    Nama Istana
    Lokasi Penemuan
    Pembuatan
    Peninggalan
    1
    Istana Kesultanan Ternate
    Ternate, Ambon
    Abad 14 M
    K. Ternate
    2
    Istana Kesultanan Tidore
    Tidore, Ambon
    Abad 14 M
    K. Tidore
    3
    Keraton Kasepuhan
    Cirebon, Jabar
    Abad 15 M
    K. Cirebon
    4
    Keraton Kanoman
    Cirebon, Jabar
    Abad 15 M
    K. Cirebon
    5
    Keraton Kesultanan Aceh
    NAD
    Abad 15 M
    K. Aceh
    6
    Istana Sorusuan
    Banten
    Abad 15 M
    K. Banten
    7
    Istana Raja Gowa
    Gowa, Sulsel
    Abad 16 M
    K. Gowa
    8
    Keraton Kasultanan
    Yogyakarta
    Abad 17 M
    K. Mataram
    9
    Keraton Pakualaman
    Yogyakarta
    Abad 17 M
    K. Matara
    Kitab
    Kesusastraan Islam berkembang di Jawa dan Sumatra. Peninggalan karya sastra yang bercorak Islam adalah suluk dan hikayat. Suluk dan hikayat ada yang ditulis dalam bahasa daerah ada juga yang ditulis dalam bahasa Arab. Ada juga suluk yang diterjemahkan dalam bahasa Melayu. Suluk dan hikayat dibuat untuk mempermudah masyarakat Indonesia menangkap ajaran Islam.
    Beberapa suluk terkenal adalah syair Si Burung Pingai dan syair Perahu karya Hamzah Fansuri serta syair Abdul Muluk dan syair gurindam dua belas karya Ali Haji. Syair gurindam dua belas berisi nasihat kepada para pemimpin agar mereka memimpin dengan bijaksana. Ada juga nasihat untuk rakyat biasa agar mereka menjadi terhormat dan disegani oleh sesama manusia. Syair Abdul Muluk menceritakan Raja Abdul Muluk.
    Hikayat adalah cerita atau dongeng yang isinya diambil dari kejadian sejarah. Di pulau Jawa, hikayat dikenal dengan nama babad. Babad tanah Jawa menceritakan kerajaan-kerajaan yang terdapat di Jawa. Cerita tersebut dimulai dari kerajaan Hindu-Buddha sampai kerajaan Islam. Di Aceh ada beberapa jilid Bustan Al-Salatin yang berisi riwayat nabi-nabi, riwayat sultansultan Aceh, dan penjelasan penciptaan langit dan bumi. Kitab ini ditulis oleh Nuruddi Ar-Raniri.
    Pesantren
    Sejak masuknya Islam ke Indonesia, pesantren merupakan lembaga yang mengajarkan Islam. Pesantren pertama kali didirikan di daerah Jawa dan Madura oleh para kiai. Pesantren pertama ini dibangun pada masa Sunan Ampel yaitu pada masa pemerintahan Prabu Kertawijaya dari Majapahit. Pesatren kemudian berkembang pesat dan melahirkan kelompok-kelompok terpelajar. Para santri belajar bahasa Arab, kitab Kuning, fiqih, pendalaman Al Quran, tahuhid, akhlak, dan tradisi tasawuf.
    Beberapa pesantren besar yang ada di Indonesia antara lain Pesantren Tebuireng di Jombang, Pesantren Lasem di Rembang, Pesantren Lirboyo di Kediri, Pesantren Asembagus di Situbondo, Pesantren As-Shiddiqiyyah di Jakarta, Al-Kautsar Medan.
    Tradisi
    Beberapa tradisi Islam kita warisi sampai sekarang, antara lain ziarah ke makam, sedekah, sekaten.
    1. Ziarah, yaitu kegiatan mengunjungi makam. Ziarah berkembang bersama dengan tradisi lain. Di Jawa, misalnya pengunjung di sebuah makam melaksankan ziarah dengan cara melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut adalah membaca Al Quran atau kalimat syahadat, berdoa, begadang untuk semadi, atau tidur dengan harapan memperoleh firasat dalam mimpi.
    2. Sedekah, acara keluarga dengan mengundang tetangga sekitar. Sedekah untuk peristiwa gembira disebut syukuran. Sedekah untuk peristiwa sedih atau meminta perlindungan, disebut selamatan. Sedekah meminta sesuatu disebut hajatan.
    3. Sekaten, yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad dalam budaya Jawa. Perayaan Sekaten dikenal di Yogyakarta, Surakarta, Jawa Timur, dan Cirebon.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar